Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar
Tukang Ketik - Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar adalah tema informasi kali ini.
Pada kesempatan ini Admin akan membagikan informasi tentang Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar untuk Anda semua.
Mengenai file dari Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar dapat Anda unduh nanti di akhir tulisan ini.
Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi program benahi yang ada di Platform Rapor Pendidikan, khususnya yang terkait dengan Kompetensi Literasi.
Adapun Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar memuat seputar tanya jawab mengenai inspirasi benahi literasi.
Sebagaimana kita ketahui, krisis pembelajaran di Indonesia telah berlangsung lama.
Programme for International Students Asesment (PISA) menunjukkan bahwa Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan dalam 10 sampai 15 tahun terakhir.
Sekitar 70% peserta didik usia 15 tahun berada dibawah kompetensi minimum membaca dan matematika.
Krisis pembelajaran diperparah oleh pandemi Covid-19 dengan adanya learning loss dan meningkatnya kesenjangan pembelajaran.
Data hasil Asesmen Nasional tahun 2021 menunjukkan bahwa 1 dari 2 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum literasi dan 2 dari 3 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum numerasi.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan beragam upaya dalam rangka pemulihan dan transformasi pembelajaran.
Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain peluncuran episode Merdeka Belajar yang sejauh ini sudah sampai episode 24 dan pencetakkan serta pengiriman buku bacaan bermutu sekitar 500 judul untuk dikirimkan kepada sekolah yang prioritas untuk dibantu.
Upaya lainnya yang dihadirkan pada kesempatan ini berupa strategi meningkatkan hasil belajar murid, terutama pada salah satu kompetensi fondasi seperti literasi.
Ada sejumlah cara menumbuhkan minat baca, di antaranya:
memberi siswa akses kepada buku-buku bermutu
mengadakan kegiatan yang melibatkan buku seperti membacakan buku kepada siswa dan mendiskusikannya
memberi siswa waktu untuk membaca buku yang mereka sukai
melakukan kegiatan bervariasi sebagai tindak lanjut aktivitas membaca
menyediakan waktu kunjungan ke perpustakaan minimal seminggu sekali untuk membaca buku yang digemari siswa
bekerja sama dengan perpustakaan daerah dalam program perpustakaan keliling
membuat dan menempelkan poster kutipan manfaat membaca di berbagai tempat yang sering dilalui siswa
Sekolah juga dapat memberi dukungan berupa penyediaan buku bermutu baik fiksi maupun nonfiksi dan prasarana untuk menyimpan dan memajang buku seperti sudut baca kelas, pojok baca, dan perpustakaan sekolah.
Kegiatan membaca memampukan siswa untuk mengakses berbagai sumber ilmu pengetahuan.
Tumbuhnya minat baca membuat siswa gemar belajar.
Dengan gemar belajar, stamina atau daya tahannya dalam belajar terus meningkat sehingga mereka jadi pembelajar sepanjang hayat.
Strategi sebagaimana dimaksud tertuang dalam 2 (dua) Buku Saku Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar ini.
Untuk informasi selengkapnya tentang Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini:
Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar
Semoga
dengan hadirnya buku saku ini dapat menginspirasi satuan pendidikan
dalam membuat perencanaan program yang berfokus pada peningkatan
kompetensi literasi.
Demikian
informasi di atas mengenai Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui
Lingkungan Belajar yang dapat Admin bagikan kepada Anda, semoga dapat
bermanfaat.
Post a Comment for "Buku Saku I, Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar"
Post a Comment
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.